ABOUT MY SCHOOL

SMA TITIAN TERAS

zwani.com myspace graphic comments
Twitter Backgrounds

wajah tt

SMA Titian Teras Jambi , Sekolah Unggulan di Propinsi Jambi . Berlokasi di Pijoan Dengan Fasilitas Lengkap termasuk Asrama Sekolah. SMU Titian Teras merupakan lembaga pendidikan menengah swasta yang didirikan atas dasar kerjasama antara Yayasan Pendidikan Jambi, Pemerintah Propinsi Daerah Tingkat I Jambi, dan Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jambi. Kurikulum yang di ajarkan sesuai standar Internasional Pendidikan.

Peresmian berdirinya SMU Titian Teras oleh Bapak Drs. H. Abdurahman Sayoeti Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jambi, pada tanggal 14 Juli 1994 (merupakan hari jadi SMU Titian Teras Jambi). Pengelola SMU Titian Teras adalah Yayasan Pendidikan Jambi yang dalam penyelenggaraan administrasi pendidikan bekerja sama dengan Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jambi dan Pemerintah Propinsi Daerah Tingkat I Jambi, yang secara teknis ditetapkan dengan keputusan sendiri.

Sejarah SMA Titian Teras Jambi

Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, bila disimak, maka yang menjadi kata kunci dalam tujuan pendidikan nasional tersebut adalah bagaimana mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya.

Secara nasional pengembangan manusia Indonesia seutuhnya secara formal diupayakan melalui pendidikan di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, dan Perguruan Tinggi. Dengan demikian maka pendidikan formal yang dijalani oleh para generasi muda menempati peranan yang strategis dalam menunjang tujuan pendidikan nasional. Strategi pendidikan formal yang ditempuh selama ini lebih beorientasi pada pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan, sehingga lebih bersifat massal. Salah satu kekurangan strategi tersebut adalah kurang tepatnya perlakuan yang diterima oleh para siswa yang tergolong unggul, baik dari kapasitas intelektualnya, kemampuan belajarnya serta motivasi belajarnya. Para siswa unggul tersebut merasa hidup dalam lingkungan belajar kurang menantang, sehingga pada gilirannya akan kehilangan motivasi belajarnya.

Propinsi Daerah Tingkat I Jambi memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, yang sangat memerlukan tenaga – tenaga pembangunan yang berkualitas. untuk memenuhi tuntutan kebutuhan akan Sumber Daya Manusia ( SDM )yang semakin mendesak, maka Pemerintah Propinsi Daerah Tingkat I Jambi, melakukan terobosan dalam pembinaan generasi muda melalui pendirian Sekolah Menengah Umum ( SMU ) Unggul.

Pembinaan melalui SMU Unggul akan menjadi sarana menghasilkan kader – kader pembangunan yang terdiri dari pada generasi muda yang bercirikan 5 (lima) keutamaan yang telah diuraikan pada Bab Pendahuluan. Dari seluruh kegiatan penjajagan yang telah dilakukan Pemerintah Daerah Tingkat I Jambi, yang terdiri dari pihak DPRD Tingkat I Jambi, maka telah disepakati bahwa SMU Unggul Propinsi Jambi akan mulai diselenggarakan pada Tahun Pelajaran 1994 / 1995 yang pengelolaan sepenuhnya diserahkan kepada Yayasan Pendidikan Jambi.

SMU Titian Teras merupakan lembaga pendidikan menengah swasta yang didirikan atas dasar kerjasama antara Yayasan Pendidikan Jambi, Pemerintah Propinsi Daerah Tingkat I Jambi, dan Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jambi. Penetapan berdirinya SMU Titian Teras berdasarkan Surat Keputusan Ketua Yayasan Pendidikan Jambi nomor 09 tahun 1994 tanggal 14 Juli 1994 tentang pendirian Sekolah Menengah Umum Titian Teras Jambi.

Peresmian berdirinya SMU Titian Teras oleh Bapak Drs. H. Abdurahman Sayoeti Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jambi, pada tanggal 14 Juli 1994 (merupakan hari jadi SMU Titian Teras Jambi). Pengelola SMU Titian Teras adalah Yayasan Pendidikan Jambi yang dalam penyelenggaraan administrasi pendidikan bekerja sama dengan Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jambi dan Pemerintah Propinsi Daerah Tingkat I Jambi, yang secara teknis ditetapkan dengan keputusan sendiri. Tiap – tiap tahun pelajaran ( 1994 – 2000 ) menerima siswa sebanyak 70 orang siswa untuk 2 kelas, dan semenjak tahun 2001 menerima lebih dari 70 orang siswa untuk 3 kelas. Dari sekian banyak calon siswa yang mendaftar untuk ikut seleksi setelah dilaksanakan tes akademis, kesehatan, kesemaptaan jasmani, psikotes, ( untuk tahun 1994 s/d 2000 ) susah mencapai 70 orang. Selain itu juga semenjak tahun 2001, SMU Titian Teras mengadakan kelas akselerasi (kelas percepatan 2 tahun SMU), dengan menjalani dulu satu caturwulan masa belajar, kemudian diadakan evaluasi tehadap siswa – siswa yang berpotensi dan sebagai seleksi terakhir adalah dengan tes IQ. Untuk Angkatan I Akselerasi terdiri dari 20 siswa. Namun yang berhasil menyelesaikan sampai tamat hanya 19 siswa. Bagi yang tidak dapat menyelesaikan proses belajarnya di Kelas Akselerasi, dapat kembali ke kelas Reguler ( tidak di DO ).

Selain itu juga semenjak tahun 2003, pembagian jadwal kegiatan akademik SMU Titian Teras juga mengalami perubahan, dari yang sebelumnya menggunakan sistem Caturwulan (CAWU) sekarang menjadi Semester. SMU Titian Teras juga mengalami perubahan kuriulum, dari yang semula menggunakan GBPP 1994, kini menggunakan sistem KBK ( Kurikulum Berbasis Kompetensi ), dan dengan digunakanmyya sistem ini sekaligus menandakan perubahan nama SMU Titian Teras menjadi SMA Titian Teras.

TUJUAN PENDIDIKAN

A. TUJUAN UMUM

1. Menyiapkan kader pembangunan bangsa yang berkualitas tinggi, mempunyai jiwa nasionalisme dan patriotism yang tinggi.
2. Membina secara khusus potensi-potensi sumber daya manusia di Propinsi Jambi yang mempunyai bakat, minat, dan kecakapan yang tergolong ungguil atau di atas rata-rata.
3. Turut berperan serta dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional.

B. TUJUAN KHUSUS
1. Menyiapkan siswa-siswi dari Propinsi Jambi agar dapat diterima di perguruan tinggi negeri maupun swasta terkemuka di dalam negeri dan luar negeri.
2. Menanamkan dasar-dasar sikap dan kemampuan yang dapat menjadi landasan yang kokoh bagi pembinaan lanjutan yang akan dialami pada saat kuliah di perguruan tinggi nantinya, seperti
a. Keimanan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. Jiwa nasionalisme dan patriotism yang tinggi.
c. Wawasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang luas dan mendalam.
d. Motivasi dan komitmen yang tinggi untuk mencapai prestasi terbaik.
e. Kemampuan berbahasa asing.
f. Kepekaan sosial dan kepemimpinan
g. Kesadaran disiplin yang tinggi.
h. Berkepribadian mandiri.
i. Kondisi fisik yang prima.
j. Mental yang baik.
3. Menyelanggarakan suatu pola pembinaan generasi muda yang terpadu melalui pembinaan di SMA dan perguruan tinggi, untuk menghasilkan potensi-potensi SDM yang nantinya diharapkan dapat ikut mengembangkan daerah Jambi.

VISI

TERWUJUDNYA SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERIMAN DAN BERTAQWA, BERKUALITAS, CERDAS, TERAMPIL, BERBUDI LUHUR, BERDISIPLIN, DAN BERWAWASAN GLOBAL.

MISI

1 MEWUJUDKAN SISWA YANG MEMILIKI IMAN DAN TAQWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA.
2 MEWUJUDKAN SISWA YANG BERPRESTASI AKADEMIK YANG TINGGI, TANGGUH, UNGGUL, DAN BERKUALITAS.
3 MEWUJUDKAN SISWA YANG MEMILIKI KECERDASAN INTELEKTUAL, EMOSIONAL, DAN SOSIAL
4 MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN SECARA EFEKTIF BERBASIS ICT
5 MEWUJUDKAN SISWA BERFIKIR ILMIAH MELALUI PENELITIAN DAN KARYA ILMIAH.
6 MENUMBUHKEMBANGKAN KREATIFITAS SISWA DENGAN MINAT BAKAT.
7 MEWUJUDKAN SISWA MAMPU BERSAING SECARA KOMPETITIF DI ERA GLOBAL
8 MEWUJUDKAN SISWA BERJIWA PATRIOT, JUJUR, DAN MEMILIKI DISIPLIN YANG TINGGI
9 MENINGKATKAN PENGETAHUAN, WAWASAN, DAN KETERAMPILAN GURU MELALUI BERBAGAI PELATIHAN.

CIRI KEUNGGULAN

SMA Titian Teras adalah sekolah yang dikembangkan untuk mencapai keunggulan dalam keluaran (output) pendidikannya. Untuk mencapai keunggulan tersebut, maka masukan misalnya guru dan tenaga kependidikan, manajemen, layanan pendidikan, dan sarana penunjangnya serta proses pendidikan diarahkan untuk menunjang tercapainya tujuan tersebut.

Dengan demikian pengembangan SMA Titian Teras selaku sekolah unggul (plus) tidak hanya dimaksudkan untuk memberi perlakuan secara tersendir bagi mereka yang berbobot, dan cerdas, melainkan juga bagi mereka yang termasuk berkemampuan biasa agar dapat mencapai prestasi maksimal.

Adapun ciri – ciri keunggulan SMA Titian Teras meliputi hal – hal berikut ini :
1.
Masukan (input, intake) , siswa diseleksi secara ketat dengan menggunakan kriteria tertentu dan prosedur yang dapat dipertanggungjawabkan. Adapun kriteria yang digunakan adalah, prestasi belajar dengan indikato, angka, rapor, Nilai EBTANAS Murni (NEM) (sekarang DanUAN), dan hasil tes prestasi akademik, skor psiko test, kesehatan dan kesemaptaan fisik.

2.
Sarana dan prasarana yang menunjang untuk memenuhi kebutuhan belajar mengajar siswa serta untuk menyalurkan minat dan bakatnya, baik dalam kegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler. Setiap siswa mendapat pinjaman buku – buku mata pelajaran dan siswa dapat memanfaatkan fasilitas belajar yang ada, seperti penggunaan buku – buku perpustakaan, penggunaan alat – alat laboratorium, penggunaan komputer dan fasilitas lainnya.

3.
Lingkungan belajar yang konduktif untuk menunjang berkembangnya potensi keunggulan menjadi keunggulan yang nyata, baik lingkungan dalam arti fisik maupun sosial psikologis.
Kampus SMA Titian Teras yang berlokasi di Jl. Lintas Jambi – Ma. Bulian Km.21 Desa Pijoan Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Ma. Jambiyang berjarak sekitar 21 km dari ibukota Kotamadaya Jambi, di atas tanah seluas 12 Ha, yang terdiri dari bangunan perumahan pamong sebanyak 58 buah, 3 asrama, 2 asrama siswi, ruang makan, gedung serbaguna, ruang audio visual, sanggar PKG, toko/kantin, gudang dan garasi, Masjid, kolam renang dan gedung olah raga.

4.
Karena siswanya superrior, maka guru dan tenaga kependidikan yang menanganinya pun terdiri atas guru/ tenaga kependidikan yang unggul pula, baik dari segi penguasaan metoda mengajar maupun komitmen dalam melaksanakan tugas, untuk itu disediakan insentif tambahanbagi guru, berupa uang maupun fasilitas lainnya seperti perumahan.
Fasilitas yang disediakan untuk Guru (Pamong Pengaja Pengasuh) P3, (Pamong Pengajar) P2 Yayasan Pendidikan Jambi memberikan uang insentif bagi para (Pamong Pengajar Pengasuh) P3 dengan standar yang sama, kecuali insentif unsur Pimpinan dan PAmong Administrasi dan undur staf disesuaikan dengan tingkatannya, misal Kepala Bagian , dan Staf Pelaksana.
Kepada Pamong, Yayasan Pendidikan Jambi menyediakan perumahan lengkap dengan perabotannya seperti temapt tidur, lemari pakaian, meja makan, meja rias, kursi tamu, kipas angin, TV, tempat/rak sepatu, rak handuk, kompor gas lengkap dengan tabung gas, air ledeng, listrik, meja belajar, dan semuanya disediakan secara gratis.

5.
Kurikulum SMA Titian Teras kini berpedoman dengan KBK (KurikulumBerbasis Kompetensi) , yang merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.
Dalam melaksanakan KBK, dilakukan pengembangan dan improvisasi, untuk itu dilaksanakan pengayaan dan perluasan serta percepatan kurikulum.
Kurikulum khusus yang dibuat oleh SMA Titian Teras bertujuan untuk mengembangkan potensi kepemimpinan siswa, pelaksanaan kurikulum khusus terjabar dalam mata pelajaran dan mata pelajaran kegiatan seperti mata pelajaran kenusantaraan, kepemimpinan dan mata pelajaran bela negara.

6.
Rentang waktu belajar di SMA Titian Teras lebih panjang/lama dibandingkan dengan sekolah lain. Karena itu siswa dan para pamongnya tinggal di asrama. Dalam rangka pembinaan siswa jadwal kegiatan sehari – hari siswa – siswi SMA Titian Teras , asrama diperlukan untuk memaksimalkan pembinaan dan menampung para siswa siswi yang berasal dari daerah tingkat II dalam Propinsi Jambi, seperti dari Kotamadya Jambi, dari Kabupaten Batanghari, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Bangko, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Muara Bulian, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Kerinci merupakan daerah pegunungan, serta Kabupaten Tanjung Jabung dari daerah pinggiran lautan.
Di kampus SMA Titian Teras terdapat berbagai sarana penunjang menyalurkan bakt dan mutu siswa seperti sarana olahraga (GOR), Lapangan Tenis, dan Perpustakaan yang menyediakan berbagai macam buku ilmu pengetahuan.

7.
Proses belajar mengajar yang berkualitas dan hasilnya dapat dipertanggunjawabkan kepada siswa. lembaga maupun masyarakat.
Untuk mempertanggungjawabkan hasil proses belajar mengajar di SMA Titian Teras setiap tengah semester dilaksanakan evaluasi dalam bentuk ulangan harian , ujian midsemester, dan ujian semester. Ini adalah upaya untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan siswa. Evaluasi ini tidak hanya bertujuan ntuk mengetahui kemajuan belajar siswa melainkan juga untuk memperoleh umpan balik atau masukan bagi perbaikan pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar.

8.
Nilai plus SMA Titian Teras terletak pada perlakuan tambahan di luar kurikulum nasional melalui pengembangan materi kurikulum program pengayaan dan perluasan serta percepatan, pengajaran, remedial pelayanan bimbingan dan konseling yangberkualitas, pembinaan kuantitas dan disiplin, sistem asrama dan kegiatan ekstrakurikuler.

9.
Pembinaan kemampuan kepemimpinan yang menyatu dalam untuk keseluruhan sistem pembinaan siswa dan melalui praktek langsung dalam kehidupan sehari – hari, bahan sebagai materi pelajaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s